assalamualaykum sahabat berbagi :)
.
bagi pecinta dunia otomotif khususnya MotoGP, pasti sudah tak asing lagi dengan arti judul diatas.
secara saya penggemar otomotif. hehehheee
.
dsaat lagi main facebook, ga sengaja baca artikel tentang judul diatas.
yuk sama2 kita baca
"Honda melalui Divisinya HRC (Honda Racing
Corporation) telah melakukan berbagai macam pengembangan pada Honda
RC212V dan Honda RC213V.
Dominasi Yamaha YZR-M1 pada kelenturan Chassisnya hingga selalu
menjadi Raja di tikungan sepertinya sekarang sudah mulai terpatahkan
oleh pengembangan baru dari Honda RC213V. Karena Yamaha YZR-M1 sekarang
bukanlah satu-satunya motor yang stabil dan smooth saat keluar masuk
tikungan.
Frame dan karet bundar Bridgestone pada Yamaha
YZR-M1 sudah tak kuasa menahan gempuran di tikungan ketika Honda RC213V
membabat habis tikungan dengan stabil dan lebih halus.
Semua
pengembangan Honda RC213V tersebut tak pernah lepas dari para
Insinyur-insinyur Honda Racing Corporation di Saitama, Jepang. Hebat,
para Insinyur Honda hanya membutuhkan sedikit masukan dari para
pembalapnya untuk membuat motor yang tangguh.
Hal ini berarti
Honda telah lebih mengetahui apa saja yang seharusnya di butuhkan
pembalapnya ketika berada di lintasan balap. Tapi bukan berarti Honda
tidak membutuhkan masukan dari para pembalapnya. Apa yang membuat Honda
RC213V berbeda dari versi sebelumnya adalah terletak pada Chassis baru
dan sistem Transmisi baru (SSG).
Sekarang Honda sudah bisa
membuat motor RC213V lebih stabil dan smooth seperti Yamaha YZR-M1,
namun untuk masalah powernya Honda lebih unggul 20 DK dari Yamaha
YZR-M1.
Chassis baru pada Honda RC213V lebih lentur ketika di ajak keluar masuk tikungan.
Kemudian pada sistem Transmisi baru sepertinya Honda sengaja
merancangnya untuk trek lurus dan tikungan, jadi bukan hanya di
khususkan untuk trek lurus saja. Maka tak ayal jika YZR-M1 yang di geber
Lorenzo dan Rossi tak kuasa menahan gempuran RC213V dari belakang. Saat
Lorenzo memaksakan Frame dan Ban Bridgestone pada YZR-M1 di tikungan,
sepertinya YZR-M1 terlihat Ngoyo dan seperti menghabiskan kompon Ban.
Sekarang Dominasi Yamaha YZR-M1 di tikungan sejak tahun 2004 sudah
mulai terkalahkan oleh ketangguhan Honda RC213V pengembangan 2012.
Seperti yang kita ketahui bahwa Honda RCV versi tahun 2007-2010 sangat
buruk ketika melibas tikungan, bahkan motor terlihat goyah ketika di
paksa melibas tikungan dengan cepat. Namun, sekarang Honda RC213V tidak
perlu ngoyo di tikungan. Bahkan, sekarang kebalikannya YZR-M1 yang ngoyo
mengejar RC213V di tikungan."
.
.
menurut pandangan saya sih dari tahun2 sebelumnya, honda sudah setara dengan yamaha di tikungan. hanya seja pembalapnya yang mungkin masih belum bisa merasakan "feel" yang pas saat masuk tikungan dan saat keluar tikungan. sehingga masih aja terjadi masalah front end ataupun sedikit sliding saat keluar tikungan.
.
tapi dengan terpatahkan dominasi YZR M1 di tikungan, jadi bakalan semakin seru nih untuk perebutan gelar juara dunia.
belum lagi ketambahan hadirnya sang "baby alien" marc marquez yang langsung menyodok ke klasemen atas.
.
tapi jagoan saya mah tetep daridulu "andrea dovizioso"
.
klo jagoan sahabat berbagi siapa???
hehehehe
sumber: http://www.facebook.com/MotoGP.Mania.Indonesia
JELAS JORGE LORENZO GITU LOH....
BalasHapus